Laguna Trip Blog Edition

Blog

Instagrammable Places in Bandung

Bandung, Indonesia’s fourth largest city after Jakarta, Surabaya, Medan. And this city has a special place in my heart. Growing up as a Jakartan, this art & culinary city definitely had been one of the destinations that made me skipped school sometimes. Hey Bandung is only 150 km away from Jakarta and it does have great selections of street food vendor, so don’t blame me. *grin*. So yeah, Back then, back baaaack then, my friends and i would drive to Bandung to have brunch and another brunch after that, then “3rd brunch” afterwards. The time we go back to Jakarta usually at the time when we can’t find spaces for food in our belly anymore. I’m sure we are not the only Jakartans who does this. Ps: nowadays, probably it’s a better to take train ride. To avoid the horrible traffic. Ha!

Okay anyways, on my last visit to Bandung with Trip of Wonders friends, i got to check out some new places i’ve never been. It definitely inspired me to named Bandung as one the most instagrammable city in Java. Here are some instagrammable places in Bandung that you can check out!

Armor Kopi.
Nestled between three mountains, Bandung has that calming breezy weather. And it gets even better, Bandung also has TAHURA (Taman Hutan Raya, which is a Forest Park) where you can get splash of greenery not far from the city center. In this forest park, you can find three coffee places. One of them is Armor Kopi! Among those three, Armor Kopi has the most customers. You wanna know why? Do this; order a cup of coffee, get a plate of cireng with rujak sauce, find the best seat there and enjoy the moment and the fresh air (make sure you don’t sit next to people who are smoking. haha). Ps: when you order, make sure you order it under the name “Orang Kaya”. Trust me! And while you’re in TAHURA area, do make your way to Tebing Keraton for another instagrammable moment. Best time to go here is in the morning.

Armor Kopi - Instagrammable Places in Bandung

The best way to start the day, get a coffee at Armor Kopi!

Vanilla Kitchen and Wine.
No, we weren’t here for the wine (maybe we should’ve? *evil laugh*). We were there at lunch time, and i think we literally spent more time on taking pictures than eating. Every corner of this place is instagrammable. Very very instagrammable. Like seriously! The whole noon, we took pictures here and there, every where. The food is delicious and i also can’t believe that they have karaoke rooms upstairs and clothing (and a bar lounge) downstairs. Total package for any hipsters.

Vanilla Kitchen & Wine - Instagrammable Places in Bandung

Time to chill at Villa Kitchen & Wine

Dusun Bambu, Family Leisure Park.
I’m pretty embarrassed to not knowing this place at all before. This place is quite cool. So if you like going to Sapu Lidi, Kampung Daun, Floating Market Lembang, then you will love this place! It has the same concept, that nature and open space theme. Order some local cuisine and enjoy your delicious meal as your eyes feast on the mesmerizing view. Best time to go here? Probably in the afternoon just before sunset time.

Dusun Bambu - Instagrammable Places in Bandung

The lake at Dusun Bambu.

Bonus:
Sheraton Hotel.
Yes, we stayed here. And i must mention their awesome breakfast menu and instagrammable spots in the hotel. I totally enjoyed staying there.

Sheraton Hotel - Instagramable Places in Bandung

Sheraton Hotel at night.

NuArt Sculpture Park.
This place definitely has changed since my last visit in 2009. And it changed in a good way! The art gallery, oh my, i park/” target=”_blank”>facebook for some updates on cool events happening there.

NuArt Gallery - Instagramable Places in Bandung

NuArt Gallery, and their iconic whale.

Saung Angklung Udjo – Traditional Bamboo Music Performance
Apart from its Angklung performances, SAU definitely has one the most interactive show in Indonesia. Fun and educational at the same time. No, it’s not just for kids, it’s for any age. And for an extra note, i love the way they are keeping the local culture going by doing this, opening their workshop for public. Don’t be skeptical, just give it a try. It will definitely be one of the highlights of your holiday. Ps: no it wasn’t my first visit here, and i do still love this place.

Saung Angklung Udjo - Trip of Wonders

Interactive workshop at Saung Angklung Udjo.

Cheers,
@iamMariza – who always never had enough of Bandung’s street food.

Disclaimer: Bandung was the first stop in Trip of Wonders 2016, an invitational trip hosted by the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia. All opinions expressed are my own and do not reflect the view of the Ministry.

Trip of Wonders

October 4, 2016 by IamMariza in Asia, Featured, Indonesia, Journal with 0 Comments

Last month had been a really eventful month for me. Early September, i was trying hard to recover from those drinking-nights in Bali. *grin*. Then i spent a few days (again) in Watu Karung, a surfing destination 4-hours drive from Yogyakarta. Trying to spend as much time as i could in WK, at the very last minute, i finally had to drive back to Yogyakarta in the afternoon. I was supposed to leave to Jakarta on the same night but i decided to take a flight to Jakarta the day after, which was a good decision. I was really super tired. But anyways, i probably gonna tell you more about these trips on other posts. The reason why i had to fly to Jakarta is because of i’m joining Trip of Wonders 2016. Yay.

Trip Of Wonders 2016

Short story, i was lucky enough to be invited to join an awesome trip fully supported by the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia aka Indonesia Travel aka Wonderful Indonesia. It was amazing like A M A Z I N G! An unforgettable experience traveling with a group of happy-loving travel addicts from all over South East Asia to experience wonderful Indonesia. Majority are travel bloggers and video bloggers from the Philippines. They are definitely my favorites, they reminds me of the people from North Sulawesi, where my mom comes from. They are warm, cheerful, always manage to find something fun. The rest of the group were also lovely and friendly, not just bloggers, many of them are Instagram celebrities too. I felt totally overwhelmed, it was an experience i could never forget.

Trip of Wonders 2016 - Wonderful Indonesia

Why do they call it Trip of Wonders? Well this year, Wonderful Indonesia invited many travel writers, bloggers, vloggers and instagramers to experience the five wonders: natural wonders, sensory wonders, modern wonders, cultural wonders and adventure wonders. This time, they took us to 4 different cities to experience all the wonders; Bandung, Yogyakarta, Lombok and Labuan Bajo. I honestly couldn’t agree more.

These destinations are a must for everyone who would like to visit Indonesia for the first time. These cities truly are the main highlights for “Indonesia first-timers”. You get to see traditional and modern art, experience local culture, taste the real local food, explore the exotic beach and majestic mountains. All in one trip.

Okay, this is the part where you can take note. Here’s my suggestion if your next trip will be your first trip in Indonesia. Start from Jakarta, get a local sim card (Telkomsel has the best coverage). The next morning, take the comfortable train ride to Bandung, stay for two nights. Enjoy the local street food, take heaps of photos. Bandung has plenty instagrammable spots. And you better don’t miss out the performances at Saung Angklung Udjo. Then find your way to Yogyakarta. I would recommend to take the train if you can because the scenery along the way to Yogya is pretty but you can also fly to Yogya. Attention: since Bandung is a mountainous area, the flight can be a bit bumpy. The rest of the trip, to save up transportation time, you can fly from one to another. Don’t miss out Borobudur sunrise when you are in Yogyakarta. But if you’ve had enough of sunrise tours, make sure you at least have a sunset view from Ratu Boko Temple or Prambanan Temple. Fly to Lombok, go have a try at surfing at Kuta Lombok or snorkling around Gili islands. If you are a hard core trekkers, try to conquer Mount Rinjani. Need some more dose of exotic beach? Make your way to Flores islands, your eyes will be spoiled by the underwater world and of course above the water as well. Your 30 days visa almost running out? Fly out from either Lombok International Airport (LOB) or from Bali (DPS). Well that’s it. I don’t want to give more details*, all i can say that it’s wonderful Indonesia. Enjoy your Trip of Wonders!

*i, of course, will share the pics from our Trip of Wonders 2016 on my new upcoming posts. Just wait. ;)

Cheers,
@iamMariza – who can’t thankful enough to the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia for the opportunity to explore our beautiful country, Indonesia, along together with inspiring travelers who now are my friends.

Disclaimer: Trip of Wonders 2016 is an invitational trip hosted by the Ministry of Tourism of the Republic of Indonesia. All opinions expressed are my own and do not reflect the view of the Ministry.

Tetap Menghasilkan Uang Saat Traveling!

December 18, 2014 by IamMariza in Favorite, Journal, Tips & Tricks with 21 Comments

“Kak, travel blogger yg sering keliling dunia itu, mereka kerja apa?”
“Sis, punya uang dari mana sih, kok jalan-jalan terus?”
“Ka, aku pingin jalan-jalan ky kaka, tapi aku ga punya uang. Ajarin donk ka!”

Itulah pertanyaan-pertanyaan yang lumayan sering dilontarkan followers gw via DM. Gw bukan pakar dalam hal ini, gw masih perlu belajar banyak. Tapi gw sih bisa share sedikit tentang ini, tentang awal mulanya gw bisa tetap  menghasilkan uang saat traveling. Ini cerita gw!

Uang adalah salah satu faktor penting yang harus kamu punya sebelum memulai traveling. Iya, salah satu faktor penting, tapi bukan faktor yang paling penting! Kenapa? Akan gw jelaskan di artikel yang terpisah. Anyway, kalau kamu dah kerja, pasti kamu dah punya uang donk. Tapi gimana kalau masih sekolah atau masih kuliah? Penghasilannya dari mana? Jawabnyaaaa JUALAN! Gw mulai sejak SMP (anggap aja sekitar 10 tahun lalu) dah diajarin bokap gw untuk jualan sesuatu. Padahal beliau sendiri bukan pedagang, beliau adalah pegawai swasta. Kenapa beliau ngajarin jualan? Menurut dia, jualan bisa membangun karakter gw menjadi lebih berkembang dan skill ini akan membantu gw saat gw dewasa nanti.

Kembali membahas “JUALAN”, jualan apa? Kamu bisa jualan apa aja, tentunya barang-barang yang orang akan beli. Entah jualan baju, pernak-pernik, makanan dan sebagainya. Bisa buatan kamu sendiri atau buatan orang lain. Bebas! Eh tapi perlu diingat, jualannya bukan jualan yang mesti punya toko di ruko yah, ini jualan online! Bisa jualan lewat BBM atau akun social media kamu maupun website atau forum-forum online (kaya Kaskus.co.id). Jualan kaya gini, modalnya kecil, dan untungnya banyak! Hehehe. Kamu ga harus jualan barang online kok, jualan jasa juga ga perlu modal besar, contohnya kaya jadi tutor matematika ke adik kelas atau jadi Usher/SPG event juga boleh (Yang penting HALAL ya!). Tapi kalau jualan jasa yang kaya gini, kamu jadi tidak bisa tetap menghasilkan uang saat traveling. Tapi ada juga jualan jasa yang bisa tetap dilakukan saat traveling. Contohnya jadi translator bahasa asing, jasa desain grafis, blogger dan masih banyak lagi.

Kalau gw sendiri, gw menghasilkan uang dari kerja kantoran (penghasilan utama gw) dan kerja sampingan! Sebelum berangkat ke Australia untuk Working Holiday, gw kerja di sebuah digital agency internasional di Jakarta. Diluar jam kerja atau pas wiken, gw melakukan kerja sampingan. Kerja sampingan gw mayan banyak. Pokoknya semua yang bisa gw lakukan pada waktu luang dan bisa menghasilkan uang, pasti gw kerjain deh. Mulai dari jualan barang, jualan voucher hotel dan paket wisata secara online sampai kerja jadi Liaison Officer aka freelancer Event Organizer. Intinya itu, uang ga akan ada kalau kamu ga kejar! Ada usaha dan kemauan, pasti ada hasil deh.

Dengan “double-job” ini, gw bisa menyisihkan uang untuk traveling. Setelah uang terkumpul, gw baru berangkat ngetrip deh! Kemudian pada saat ngetrip, kerja sampingan tetap gw lakukan yang artinya gw tetap jualan online dengan bermodalkan smartphone/laptop dan internet. Mudahkan?!

Life as a Travel Blogger

Life as a Travel Blogger

Nah buat kamu yang dah sering jalan-jalan, ada baiknya kamu tuangkan pengalaman perjalanan- perjalanan tersebut di dalam sebuah blog. Dari sinilah, awal mulanya para travel blogger menghasilkan uang, dimulai dengan mempunyai blog dan akun social media yang aktif! Pingin tahu lebih lanjut tentang cara menjadi travel blogger? Nanti deh gw tulis artikel terpisah (padahal gw juga belom menjadi travel blogger kondang seperti Marischka Prudence, dah belagu aja pingin ngajarin orang lain. *peace*).

Salam dari kota Perth,
@iamMariza – yang paling senang jualan online.

 

 

10 Awesome Things that You Can Only do in Australia!

Gilaaaaak…waktu cepat banget berlalu ya. Dah hampir setengah tahun aja gw dah tinggal di Perth, Australia. Yang artinya Working Holiday Visa (WHV) Australia gw bakalan expired dalam 6 bulan lagi! Working Holiday Visa itu apa sih? Intinya sih, visa ini fungsinya lebih keren dari pada visa turis, karena loe dikasi ijin sama pemerintah Australia untuk liburan dan bekerja di Australia selama 1 tahun! Jujur aja, dalam enam bulan terakhir gw sibuk kerja di Perth. Kenapa? Gaji perjam di sini menggiurkan men! Tapi gw janji, sebelum pulang ke Indonesia gw harus udah ngelakuin hal-hal yang menurut gw Australia banget. Masa jauh-jauh ke sini, gw tetap melakukan hal-hal yang bisa gw lakukan di Indonesia? Ya enggak laaaah! Gw sampe bikin list top 10-nya lho. Berikut 10 awesome things that you can only do in Australia versi @iamMariza!

10. The world’s largest inner-city park, Kings Park (Perth, WA)
Gw sih tipe traveler yang suka banget pergi ke taman, selain mudah buat kenalan ama orang lokal, taman kota biasanya GRATIS! Hehe. Tahu ga kalau Perth punya taman kota yang terbesar di dunia? Namanya Kings Park! Jarak dari Perth CBD (tengah kota) ke taman ini cuma sekitar 2km, beneran ga jauh! Cara ke sini pun gampang banget (dan gratis juga), tinggal naik Bus Transperth atau Cat Bus (kayak Bus Transjakarta) dari Perth CBD area. Yang istimewa dari taman ini adalah selain terdapat ratusan jenis tanaman dan burung yang hidup bebas di sini, terdapat juga Boab tree yang umurnya sudah 750 tahun lho.

View dari Kings Park, Perth City

9. Belajar Didgeridoo, alat musik tiup tradisional Australia.
Bisa main gitar itu dah biasa banget, iya ga? Menurut kamu ada berapa orang Indonesia yang bisa main Didgeridoo? Ga banyak pastinya. Mungkin nanti gw bakalan jadi salah satu 100 orang Indonesia pertama yang bisa memainkan Didgeridoo (ngarep mode on…. belajar aja belom, dah menghayal luar biasa).

8. Selfie bareng Kookaburra
Selfie-an bareng Kookaburra? Hehe iye. Jadi ceritanya di pekarangan rumah gw, sering ada kaya suara monyet ketawa. Pas gw tanya house-mate gw, ternyata itu suara berasal dari burung Kookaburra, bukan monyet! Langsung shioook…serius? Setelah tanya mister google, ternyata burung Kookaburra itu cute banget. Sayangnya, ini burung jago banget ngumpet di pohon. Jadi target gw adalah bisa selfie-an bareng Kookaburra. Suatu hal yang mustahil? We’ll see lah!

The cute Kookaburra
By JJ Harrison (jjharrison89@facebook.com) (Own work) [via Wikimedia Commons

7. Surfing di Wave Rock (Hyden, WA)
Kata teman-teman backpacker di sini, kalau ke Western Australia (WA), harus nyobain ke Wave Rock. Kenapa? Tempat ini merupakan salah satu tempat iconic di Australia. Wave Rock adalah sebuah dinding granit raksasa (gede banget!) yang bentuknya menyerupai ombak laut lho, kapan lagi bisa pose ala peselancar tanpa harus khawatir jatuh? Hehe.

Wave Rock di Hyden, Western Australia
Image by (WT-shared) Cardboardbird at wts wikivoyage [via Wikimedia Commons

6. Peluk Koala
They are just too cute to be missed out, iya kan?! Cara paling gampang untuk bisa selfie ama mereka adalah dengan pergi ke kebun binatang. Katanya sih di Dreamworld Gold Coast ada koala yang bermata warna biru lho. Penasaran?

Image: stayatbase.com

5. Fraser’s island (Queensland)
Kenapa Fraser’s island? Karena ini adalah pulau yang memegang title “World’s largest sand island“. Sebagai pencinta pulau berpasir putih, pulau ini adalah a must visit in Australia!

Lake McKenzie yang terletak di Fraser’s island.
Image by Sensenmann (Own work) [Public domain], via Wikimedia Commons


4. Lihat danau yang warna airnya bukan hijau atau biru tapi PINK! (WA)
Kalau ga salah ada 8 danau yang berwarna pink di dunia, 4 diantaranya ada di Australia; Pink Hutt Lagoon, Pink Lake (Goldfields-Esperance area), Pink Lake of Quairading dan Pink Lake Hillier!

Lake Hillier, Middle Island WA
Image: nexttriptourism.com

3. Ke puncak Sydney Harbor Bridge. (Sydney, NSW)
Kalau ke Australia, foto-foto dengan background Opera House dah biasa kan? Ibaratnya 1 kayuh, 2-3 pulau terlewati; foto di atas jembatan lengkung baja tertinggi di dunia dengan background Opera House.

2. Terbang di atas Great Barrier Reef (Queensland)
Kok terbang? kenapa ga snorkeling atau diving? Buat yang belum tau, Great Barrier Reef adalah salah satu dari 7 keajaiban di dunia (seven wonders of the world) karena mempunyai rangkaian terumbu karang yang sangat besar, sangking besar dan luasnya, Great Barrier Reef masih bisa terlihat dari luar angkasa lho. Nah, once again 1 dayung, 2-3 pulau terlewati; gw pingin skydiving di atas Great Barrier Reef!

skydive

Skydiving…harus berani nyobain! *mohon restunya yah!*
Image: skydivethereefcairns.com.au

1. Hang out bareng kangguru.
Kalau yang satu ini adalah salah satu impian gw yang sudah tercapai di Australia; bisa hengot bareng Kangguru di habitat alam! Belom ke Australia, kalau belom hengot bareng Kangguru! Hehe.

Hengot bareng Kangguru, check!

Dari 10 hal yang gw sebutin di atas, mana yang paling pingin loe lakuin pas traveling di Australia?

Cheers mate,
@iamMariza, yang masih browsing-browsing promo tiket Tigerair.
PS: Kalau loe mau dapetin tiket PP dan travel voucher buat jalan-jalan, follow aja @Tigerair_ID atau like Facebook Tigerair Indonesia…bakalan ada kejutan #TigerairTop10 dari mereka! Buruaaaan… ;)

Everyone Can Fly!

August 25, 2014 by IamMariza in Asia, Indonesia, Journal, WHV Australia with 0 Comments

Perth, Australia! Di sinilah saya sedang berada sejak April tahun 2014. Jika orang bertanya, apa yang membuat hingga saya, seorang perempuan, bisa berani meninggalkan Indonesia untuk berpetualang sendiri satu tahun di negeri kangguru? Maka saya dapat bercerita bahwa semua ini bermula dari tahun 2008, semenjak saya pergi berpetualangan untuk melihat dan mengenal dunia sesungguhnya.

17 April 2008, inilah pertama kalinya saya akan mencoba maskapai penerbangan yang sering diolok oleh publik karena terlalu murah. Bagaimana mungkin tiket pesawat bisa mempunyai harga yang setara atau bahkan terkadang lebih murah dari harga tiket bus antar propinsi, terlalu indah didengar untuk menjadi kenyataan? Mungkinkah nanti saya akan berdiri layaknya di dalam bus selama penerbangan dari Jakarta ke Bali? Detak jantung saya berdebar jauh lebih cepat, jauh lebih kencang saat saya tiba di bandara Soekarno-Hatta. Bukan hanya karena perjalanan ini merupakan petualangan saya yang pertama dalam hidup saya, tetapi bagaimana jika yang dikatakan publik tentang maskapai ini merupakan hal yang sesungguhnya? 1 jam 45 menit kemudian, saya tersenyum lebar saat melihat tanda “Welcome to Bali”, ini nyata! Ternyata ada maskapai penerbangan yang nyaman, yang harganya SUNGGUH bersahabat dengan kantong saya. Perlu diketahui pada waktu itu saya baru lulus kuliah, belum punya pekerjaan, hanya mempunyai uang hasil menabung dari usaha kecil-kecilan jualan barang di Internet. Yak! Sejak hari itu, saya tahu saya akan sering berpetualang karena maskapai ini.

Airasia "Now Everyone Can Fly"

Setelah 3 tahun berlalu, rasanya sudah tidak terhitung berapa kali saya terbang ke Bali. Di tahun 2012, sayapun sering mengunjungi Ho Chi Minh City karena terpikat oleh makanan lokal mereka yang lezat. Dan pada akhir tahun 2013, tanpa saya sadari saya telah menjelajahi lebih dari 40 pulau di dunia, bukan karena saya mempunyai banyak uang, TIDAK! Saya katakan lagi TIDAK, bukan karena itu. Tanggal 20 bulan April tahun 2014, maskapai yang dulu sering diolok inilah yang juga telah membawa saya ke Australia. Iya, hampir semua petualangan saya pasti dimulai dengan terbang bersama maskapai yang berslogan “Now Everyone Can fly”.

Tidak terasa 6 tahun sudah saya berpetualang. Apakah semua petualangan yang saya telah lakukan hanya momen “menghamburkan uang belaka”? Faktanya adalah tidak ada sepeser uang yang terpakai dengan sia-sia. Setiap momen yang terjadi dalam petualangan saya mengajarkan saya banyak hal yang saya tidak akan pernah dapatkan dari pendidikan formal. Saya belajar untuk mandiri, saya tetap gigih walaupun keadaan terlihat begitu berat, saya berani mencoba hal yang baru, saya berani melawan ketakutan saya, saya berani mengambil risiko demi impian saya, saya mulai berpikir kreatif dan kritis dan masih banyak lagi hal yang saya dapat dari berpetualang. Ya benar, petualangan membuat saya siap untuk hidup di kehidupan nyata.

Don’t tell me how educated you are, tell me how much you traveled.” – The Prophet Mohammed

Apakah dengan mengunjungi dan mengenal budaya negara asing akan membuat saya lupa bahwa saya adalah anak bangsa Indonesia? Saya akan selalu ingat pesan Soekarno kepada Rudolf Lawalata, orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan berjalan kaki; “Bawalah dirimu mengelilingi dunia, tapi tunjukkanlah jiwamu tetap kepada Tuhan dan Indonesia.”

Jika kamu bertanya kepada saya apakah kamu juga harus pergi berpetualang seperti saya? Saya tidak akan menjawab “ya, harus!”, saya akan menjawab “lakukanlah hal yang kamu ingin lakukan!”. Seseorang pernah berkata:
Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do.”

Do

Apakah berpetualang itu mahal? Bagi saya, impian tidak mempunyai label harga dan saya mempunyai mimpi untuk berpetualang melihat dan mengenal dunia. Dan ingat, di Indonesia ada maskapai yang benar-benar memegang janjinya bahwa sekarang setiap orang bisa terbang. Terima kasih Airasia, karena telah mengubah hidupku!

Salam petualang,
@iamMariza – yang lagi browsing rute-rute KURSI GRATIS dari Airasia. Enaknya kali ini ke Nepal atau ke Myanmar ya?


A travel community supported by travelers in Indonesia and abroad. Sharing thoughts, ramblings and rants as travelers. Curated by Mariza Melia aka @iamMariza & friends.

Join us! Write your own travel tips and travel diaries. Exchange your knowledge and experiences with others. You may contact us via email to become one of our guest writers.
For travelers by travelers. As we travel around, we have made some networking with lots of people in tourism industry. They give us special discounts on accommodation, car rentals, travel packages etc and we would like to share this with you. Please support this blog by making any purchases on travel deals on LagunaTrip.com

Google+
Twitter: iammariza
Travel Talks on Twitter

RT @BittyMasruroh Bittyajah.com adalah pengembangan dari sebuah blog pribadi gue... Web bikinan adik sendiri nih... Lets be a writer... @iamMariza