Laguna Trip Blog Edition

Australia

Cara Apply Visa Turis Australia

March 3, 2016 by IamMariza in Australia, Featured with 2 Comments

Horeeee… gw akan ke Australia (lagi!).

Cara Apply Visa Turis Australia

Sempet cemas juga kalau visanya ga granted. Soalnya gw dah beli tiket pesawat dari tahun lalu. Maklum lah, gw kan selalu jadi korban tiket promo. Anyway, kalau ada yang mau tau cara apply visa turis Australia. Gw akan jelasin secara singkat ya. Kalau kurang jelas, bisa tanya via comment atau tanya via twitter aja.

Berikut dokumen yang harus dipersiapkan (dokumen asli + photocopy 1 rangkap):
Paspor
Pastiin paspornya masih berlaku setidaknya 6 bulan dari tanggal pulang. Contoh: Rencana liburan di Australia tiba tanggal 3 Maret 2016, dan pulang ke Indonesia tanggal 10 Maret 2016. Berarti paspornya harus masih berlaku selama 6 bulan dihitung dari tanggal 10 Maret 2016.

KTP
Pastiin ini masih aktif ya.

Kartu Keluarga
Supaya mereka tau status kamu sudah punya anak berapa, istri berapa *eh*, apa masih jadi anak kesayangan di rumah orang tua.

Bukti Finansial
Silakan ke bank masing-masing dan minta 2 hal: Print Rekening Koran 3 bulan terakhir dan minta surat referensi bank (Bank Reference). Bank pusat atau yang cabang besar pasti dah tau ini apa, mereka sudah ada templatenya kok. Tapi pastiin aja kalau di surat itu tertera bahwa surat tersebut ditujukan ke Kedutaan Australia (google aja alamatnya ya), dan di surat nya tercantum nama lengkap, sudah berapa lama jadi nasabah, dan jumlah uang di tabungan. Surat ini bisa dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Jangan dalam bahasa jawa atau betawi, orang embassy nya ga bakalan ngerti.

Kalau punya buku tabungan, buku tabungan ini juga dilampirkan saja. fotokopi bagian depan yang ada namanya, dan halaman yang ada transaksi 3 bulan terakhir. Nah pertanyaannya adalah, berapa banyak uang yang harus ada di tabungan? Jujur gw ga tau, tabungan gw juga ga banyak kok. Tapi sebagai acuan aman, silakan aja siapin $40 x banyaknya hari selama di Australia. Jadi kalau rencana kamu 14 hari, kaya rencana gw, berarti $50 x 14 = $700 + tiket pesawat. Let’s say tiket pesawat $600. Jadi total yang ada di tabungan sebaiknya setidaknya ada $1100. Kalau ngga ada gimana? Sebagai tambahan, kamu juga bisa lampirkan surat rekening & surat referensi bank atas nama salah satu anggota keluarga yang tertera di Kartu Keluarga.

Surat Keterangan Kerja
Berbahagialah kamu yang kerja kantoran, silakan meluncur ke bagian HR dan minta surat referensi. Nah berhubung gw kerja sebagai freelancer alias ga kerja kantoran ataupun pegawai tetap. Jadi apa yang gw lakukan? Gw buat 1 halaman berisi biodata gw, sumber keuangan gw apa aja, dan juga rencana / itinerary gw selama di Australia. Make it simple, kreatif juga boleh. Yang penting singkat dan padat.

Form 1419 (Visitor Visa, subclass 600)
Form ini khusus buat yang mau masuk ke Australia sebagai turis, yang tujuannya untuk jalan-jalan saja. Tidak berencana untuk berkerja di Australia. Formnya diisi dengan huruf kapital dan pakai tinta hitam/biru ya.

Sudah punya semua dokumen yang diatas? Silakan secepatnya meluncur ke AVAC (Australia Visa Application Center) yang ada di Jakarta dan Bali. Jadi ingat ya, serahin dokumennya di AVAC, bukan di Kedutaan Australia.

Gw saranin datang ke AVAC pas jam baru buka. Untuk menghindari antrian panjang. Terutama pas musim liburan. Kalau gw sih waktu itu datang jam 9 pagi, antri 10 menit, validasi dokumen 10 menit. Jangan lupa menggunakan jasa pas photo di AVAC, memang lebih mahal tapi setidaknya mereka tau standar foto untuk visa australia. Di AVAC juga tersedia jasa photocopy kalau memang ada yang lupa diphotocopy. Lampirkan 1 foto pas nyerahin FORM 1419 ke petugas AVAC.

Setelah semua dokumen selesai di validasi oleh petugas, dokumen aslinya akan dikembalikan pada saat itu juga. Termasuk paspor kamu! Iya, paspornya langsung dibawa pulang ke rumah ya. Visanya nanti dikirim via email.

Pada saat gw apply visa, total yang gw bayarkan cash ke AVAC adalah IDR 1.599.500 (per tanggal 26 Februari 2016).

Gitu aja sih proses apply visa untuk liburan ke Australia. Gampang dan mudah. :D

Hal penting yang perlu diingat:
Tidak disarankan untuk membeli tiket pesawat sebelum visanya digranted. *gw kan memang nekat*
Jangan kasih informasi/dokumen palsu.
Isi FORM nya dengan jujur. Kalau pernah ditolak visanya di kedutaan Australia atau di kedutaan lainnya, ya kasih tau aja. Gw kasih tau mereka kalau gw pernah ditolak visa gw di kedutaan Amerika.
Apply visa sesuai dengan tujuanmu. Kalau mau liburan berarti apply Visitor Visa (Tourist stream, subclass 600). Kalau mau kerja, ya berarti apply visa kerja. Atau mau kaya gw tahun 2014; bisa jalan-jalan sambil kerja legal di Australia, itu pakai Working Holiday Visa!
Visa ini mempunyai waktu proses sekitar 15 hari kerja. Paling cepat 3 hari (visa gw diapproved dalam 4 hari). Gw serahin dokumen ke AVAC hari jumat. Pas hari Senin, dokumen gw diserahkan AVAC ke Embassy. Hari Kamis, visa gw dah diapproved. Notifikasi via email. Di email ini akan ada attachment berisi data kamu dan detil visa (visa grant number, durasi visa dll). Pastiin data kamu benar. Attachment ini diprint dan dilampirkan di paspor pas saat kamu tiba di Australia.

AVAC Jakarta
Kuningan City Lantai 2.
Submission time 8:30am-4pm Monday to Friday.
Call center +62 21 3041 8700

Gitu aja sih. Gampang dan ga ribet kan? Good luck ya!
- @iamMariza, yang akan explore West Australia 18-30 Maret 2016.

Tagged

Do you like this post? Share it please! #SharingisCaring

About IamMariza

Born in Surabaya and raised in Jakarta in a multicultural family, her parents introduced to her the world of traveling at a young age and has been addicted to backpacking since 2008, dumping her tourist status quo. She is the founder of lagunatrip.com. Follow her rants and ramblings about her life as a traveler on her Twitter: @iamMariza

View all posts by IamMariza →

Related Posts

2 Comments

  1. Ananda HarahapJun 15, 2016 at 4:21 amReply

    Pagi Mariza.. Salam kenal, saya Nanda.. Sedang galau tentang pengajuan visa australia.. Hehe.. Saya dan suami sejak akhir tahun lalu sudah beli tiket pesawat PP ke Sydney (tujuan kami ikut event lari marathon disana). Rencana perjalanan 14/9/2016 – 15/09/2016. Untuk event lari juga kami sudah terdaftar jadi kebayang kan udah berapa duit yg kami keluarkan (huhuhu), nah aku kebetulan baca blog ini dan dapat pencerahan biar gak galau2 banget, hehe.. Yg mau aku tanya adalah:
    1. Jumlah uang di rekening suami saat ini cuman belasan juta
    apakah kemungkinan besar ditolak? Tapi perhitungan kami itu cukup sih buat 5 hari berdua. Dan rekening suami lumayan aktif karena pake rekening gaji dan penghasilan diluar gaji.

    2. Lembar biodata yg kak Mariza buat itu ada formatnya kah? Soalnya aku ibu rumah tangga, dan ngeri ditolak karena tidak punya penghasilan.

    3. Lembar biodata dan itinerary yg kak Mariza buat dalam bahasa apa?

    Terimakasih sebelumnya kak.. πŸ™πŸ½πŸ˜Š

    • IamMarizaOct 2, 2016 at 6:20 amReplyAuthor

      wah maaf telat balas. hehe. Gw tetep jawab aja ya.
      1. jumlah uang bukan satu-satunya hal yang dipertimbangkan oleh kedutaan, yang paling penting kamu bisa membuktikan kalau kamu tidak akan overstay atau terbengkalai di sana. Jangan lupa pakai surat sponsor dari perusahaan ya.
      2. tidak ada. yang penting simple and informative.
      3. bahasa inggris.

      Semoga bisa membantu yang lain. ;)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

+ 67 = 68


A travel community supported by travelers in Indonesia and abroad. Sharing thoughts, ramblings and rants as travelers. Curated by Mariza Melia aka @iamMariza & friends.

Join us! Write your own travel tips and travel diaries. Exchange your knowledge and experiences with others. You may contact us via email to become one of our guest writers.
For travelers by travelers. As we travel around, we have made some networking with lots of people in tourism industry. They give us special discounts on accommodation, car rentals, travel packages etc and we would like to share this with you. Please support this blog by making any purchases on travel deals on LagunaTrip.com

Google+
Twitter: iammariza
Travel Talks on Twitter

RT @BittyMasruroh Bittyajah.com adalah pengembangan dari sebuah blog pribadi gue... Web bikinan adik sendiri nih... Lets be a writer... @iamMariza