Laguna Trip Blog Edition

Australia

Cara Apply WHV

Buat kamu yang belum tahu, sekarang gw lagi di Australia memakai Work and Holiday Visa. Dengan visa ini gw secara legal diperbolehkan traveling dan juga bekerja di Australia selama 1 tahun full!

Australia i'm gonna conquer you! *Working Holiday Visa*

Australia i’m gonna conquer you!

Sejak 2013, sistem cara apply WHV sebenarnya cukup mudah.
Langkah 1: Siapkan semua dokumen
Setelah kamu kumpulin semua dokumen (dokumen asli ya) yang diperlukan, jangan lupa untuk buat copynya 2 rangkap. Kenapa 2 rangkap? 1 copy untuk pas wawancara di Ditjen Imigrasi dan 1 lagi buat dikasih di AVAC (Australia Visa Application Center). Klik di sini untuk list dokumennya.

Langkah 2: Wawancara di Ditjen Imigrasi
Mau ngapain wawancara di sini? Karena kamu harus dapetin surat rekomendasi (Letter of Government Support) dari mereka. Surat ini HARUS dah ada pas mau apply di AVAC. Untuk wawancara ini, kamu mesti daftar dulu. Setiap tahunnya, wawancaranya dibagi menjadi beberapa gelombang. Nah katanya sejak 2013 katanya dah bisa daftar wawancaranya via online, tapi gw cek (pas penulisan post ini) ternyata linknya error. Jadi kamu bisa kontak aja mas Afif Nurwilianto, mba Novi Eka Fitria atau mas Teguh Siswaji via call 021 – 49553330 atau email: workandholiday[at]imigrasi.go.id untuk konfirmasi update terbaru mengenai ini. Bilang aja kamu ingin daftar wawancara Surat Rekomendasi untuk Work and Holiday Visa. Ingat, teleponnya pas jam kerja pegawai negri yah. Jangan telp pas hari Sabtu atau pas malam hari, emangnya McD! Jika lulus wawancara, Surat Rekomendasinya akan dikirim lewat email sekitar 1-2 minggu setelah wawancara. Jadi pastiin kamu cek inbox (dan Spam folder) email kamu setiap hari ya! Oh iyah, untuk dapetin Surat Rekomendasi ini, tidak ada biaya apapun alias GRATIS!
Ps: Lokasi gedung ini terletak di Jalan Rasuna said Kav X-6 Kuningan, pas depan Plaza Festival Kuningan (turun aja di Halte Busway GOR Soemantri, yang nomer Busway Stop No. 6-14 di peta ini).

Langkah 3: Apply di AVAC
Nanti apply visa ini bukan di Australian Embassy ya, tapi di AVAC! Ada 2 kantor AVAC di Indonesia; 1 di Jakarta, 1 di Bali. Sejak April 2014, AVAC Jakarta sudah pindah ke lokasi baru: Kuningan City Lt. 2 No. L2-19 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, buka Senin-Jumat 08:30-16:00. Aku saranin sih lebih baik datang jam 08:20, jadi bisa langsung masuk begitu AVAC dibuka, langsung ambil nomer antrian. Dress codenya casual aja, yang penting jangan pakai celana pendek dan sendal jepitan. Dan sebelum masuk, HP HARUS disilence/dimatikan. Jangan lupa semua dokumen dibawa + surat rekomendasi + uang cash Rp 4,720,000 (biaya visa) + uang cash Rp 183,000 (biaya logistik). Proses visa bisa sampai 90 hari kerja, jika lebih dari 90 hari, tidak ada kabar dari AVAC via email, mulailah panik dan cobalah telp AVAC untuk konfirmasi! Hehe. Tapi biasanya visa digranted dalam kurun 2 bulan setelah submit dokumen di AVAC. Visa akan dikirim lewat email. Yes, setelah habis hampir 5jt kamu cuma dapat notifikasi via email bahwa kamu mendapatkan visa tersebut. Ga ada tuh stiker WHV yang bakalan nempel di paspor! *sedih ga bisa pamer visa di paspor*

Itulah 3 langkah cara apply WHV, simple kan?! Pokoknya inget, semua urus sendiri! Ga pakai Calo, ga pakai Agent, apalagi minta diwakili saudara/ortu! Kalau masih bingung, silakan aja tanya via comment box dibawah di page ini ya ;)

Cheers mate,
- @iamMariza, yang masih belum biasa bilang “Cheers mate”

Tagged

Do you like this post? Share it please! #SharingisCaring

About IamMariza

Born in Surabaya and raised in Jakarta in a multicultural family, her parents introduced to her the world of traveling at a young age and has been addicted to backpacking since 2008, dumping her tourist status quo. She is the founder of lagunatrip.com. Follow her rants and ramblings about her life as a traveler on her Twitter: @iamMariza

View all posts by IamMariza →

Related Posts

7 Comments

  1. EmiliaAug 17, 2014 at 2:35 pmReply

    Wah, thanks banget nih info-nya. Gw bakal perlu tahun depan :D Matur nuwuunn!

  2. Hendricus WidiantoroOct 11, 2014 at 12:50 amReply

    Thank you Ms. Mariza,

    Kemarin sempat ada yang tanya ke saya soal Australia sambil jalan dan kerja. Info ini sangat membantu dan akan saya berikan linknya untuk dia.

    Matur nuwun..

  3. Velysia ZhangJan 30, 2015 at 8:58 amReply

    Hi Mariza,

    Kalo mau apply WHV, ada waktunya gak? kyk kapan pendaftaran dibuka atau bisa kapan aja? Thanks

    • IamMarizaFeb 2, 2015 at 12:26 pmReplyAuthor

      Ga ada, pendaftaran tetap dibuka sepanjang tahun selama kuotanya masih ada. Kalau kuotanya dah habis sblm Juni di tahun berikutnya, mesti tunggu pas kuotanya direset (kl ga salah direset Juni atau Juli gitu. gw lupa)

  4. SharinMar 22, 2015 at 4:21 pmReply

    Wah thanks infonya! Mau tanya nih, lolos wawancara itu susah gak ya? Karna aku liat list wawancara yg dulu2 dan list pengumuman…. yang dapet surat rekomendasi cuma sekitar setengah dari orang-orang yang di wawancara.

    ada advice gak ya kira-kira utk wawancara? :)

    Terus, apa bener kita cuma boleh kerja max 6 bulan di tempat yang sama? Dan harus casual (gak boleh jadi pekerja full time)?

    Thank you!

  5. UnaMay 26, 2015 at 6:03 amReply

    Hi Mbak Mariza,
    thanks blogpostnya. Saya lagi belajar-belajar gimana apply WHV. Kepengen banget, apalagi setelah ngobrol sama Mbak Linda Bungasalu (dirimu kenal juga kan?) belom lama ini XD

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

23 + = 27


A travel community supported by travelers in Indonesia and abroad. Sharing thoughts, ramblings and rants as travelers. Curated by Mariza Melia aka @iamMariza & friends.

Join us! Write your own travel tips and travel diaries. Exchange your knowledge and experiences with others. You may contact us via email to become one of our guest writers.
For travelers by travelers. As we travel around, we have made some networking with lots of people in tourism industry. They give us special discounts on accommodation, car rentals, travel packages etc and we would like to share this with you. Please support this blog by making any purchases on travel deals on LagunaTrip.com

Google+
Twitter: iammariza
Travel Talks on Twitter

RT @BittyMasruroh Bittyajah.com adalah pengembangan dari sebuah blog pribadi gue... Web bikinan adik sendiri nih... Lets be a writer... @iamMariza