Laguna Trip Blog Edition

Asia

Everyone Can Fly!

August 25, 2014 by IamMariza in Asia, Indonesia, Journal, WHV Australia with 0 Comments

Perth, Australia! Di sinilah saya sedang berada sejak April tahun 2014. Jika orang bertanya, apa yang membuat hingga saya, seorang perempuan, bisa berani meninggalkan Indonesia untuk berpetualang sendiri satu tahun di negeri kangguru? Maka saya dapat bercerita bahwa semua ini bermula dari tahun 2008, semenjak saya pergi berpetualangan untuk melihat dan mengenal dunia sesungguhnya.

17 April 2008, inilah pertama kalinya saya akan mencoba maskapai penerbangan yang sering diolok oleh publik karena terlalu murah. Bagaimana mungkin tiket pesawat bisa mempunyai harga yang setara atau bahkan terkadang lebih murah dari harga tiket bus antar propinsi, terlalu indah didengar untuk menjadi kenyataan? Mungkinkah nanti saya akan berdiri layaknya di dalam bus selama penerbangan dari Jakarta ke Bali? Detak jantung saya berdebar jauh lebih cepat, jauh lebih kencang saat saya tiba di bandara Soekarno-Hatta. Bukan hanya karena perjalanan ini merupakan petualangan saya yang pertama dalam hidup saya, tetapi bagaimana jika yang dikatakan publik tentang maskapai ini merupakan hal yang sesungguhnya? 1 jam 45 menit kemudian, saya tersenyum lebar saat melihat tanda “Welcome to Bali”, ini nyata! Ternyata ada maskapai penerbangan yang nyaman, yang harganya SUNGGUH bersahabat dengan kantong saya. Perlu diketahui pada waktu itu saya baru lulus kuliah, belum punya pekerjaan, hanya mempunyai uang hasil menabung dari usaha kecil-kecilan jualan barang di Internet. Yak! Sejak hari itu, saya tahu saya akan sering berpetualang karena maskapai ini.

Airasia "Now Everyone Can Fly"

Setelah 3 tahun berlalu, rasanya sudah tidak terhitung berapa kali saya terbang ke Bali. Di tahun 2012, sayapun sering mengunjungi Ho Chi Minh City karena terpikat oleh makanan lokal mereka yang lezat. Dan pada akhir tahun 2013, tanpa saya sadari saya telah menjelajahi lebih dari 40 pulau di dunia, bukan karena saya mempunyai banyak uang, TIDAK! Saya katakan lagi TIDAK, bukan karena itu. Tanggal 20 bulan April tahun 2014, maskapai yang dulu sering diolok inilah yang juga telah membawa saya ke Australia. Iya, hampir semua petualangan saya pasti dimulai dengan terbang bersama maskapai yang berslogan “Now Everyone Can fly”.

Tidak terasa 6 tahun sudah saya berpetualang. Apakah semua petualangan yang saya telah lakukan hanya momen “menghamburkan uang belaka”? Faktanya adalah tidak ada sepeser uang yang terpakai dengan sia-sia. Setiap momen yang terjadi dalam petualangan saya mengajarkan saya banyak hal yang saya tidak akan pernah dapatkan dari pendidikan formal. Saya belajar untuk mandiri, saya tetap gigih walaupun keadaan terlihat begitu berat, saya berani mencoba hal yang baru, saya berani melawan ketakutan saya, saya berani mengambil risiko demi impian saya, saya mulai berpikir kreatif dan kritis dan masih banyak lagi hal yang saya dapat dari berpetualang. Ya benar, petualangan membuat saya siap untuk hidup di kehidupan nyata.

Don’t tell me how educated you are, tell me how much you traveled.” – The Prophet Mohammed

Apakah dengan mengunjungi dan mengenal budaya negara asing akan membuat saya lupa bahwa saya adalah anak bangsa Indonesia? Saya akan selalu ingat pesan Soekarno kepada Rudolf Lawalata, orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan berjalan kaki; “Bawalah dirimu mengelilingi dunia, tapi tunjukkanlah jiwamu tetap kepada Tuhan dan Indonesia.”

Jika kamu bertanya kepada saya apakah kamu juga harus pergi berpetualang seperti saya? Saya tidak akan menjawab “ya, harus!”, saya akan menjawab “lakukanlah hal yang kamu ingin lakukan!”. Seseorang pernah berkata:
Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn’t do than by the ones you did do.”

Do

Apakah berpetualang itu mahal? Bagi saya, impian tidak mempunyai label harga dan saya mempunyai mimpi untuk berpetualang melihat dan mengenal dunia. Dan ingat, di Indonesia ada maskapai yang benar-benar memegang janjinya bahwa sekarang setiap orang bisa terbang. Terima kasih Airasia, karena telah mengubah hidupku!

Salam petualang,
@iamMariza – yang lagi browsing rute-rute KURSI GRATIS dari Airasia. Enaknya kali ini ke Nepal atau ke Myanmar ya?

Tagged

Do you like this post? Share it please! #SharingisCaring

About IamMariza

Born in Surabaya and raised in Jakarta in a multicultural family, her parents introduced to her the world of traveling at a young age and has been addicted to backpacking since 2008, dumping her tourist status quo. She is the founder of lagunatrip.com. Follow her rants and ramblings about her life as a traveler on her Twitter: @iamMariza

View all posts by IamMariza →

Related Posts

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

7 + 1 =


A travel community supported by travelers in Indonesia and abroad. Sharing thoughts, ramblings and rants as travelers. Curated by Mariza Melia aka @iamMariza & friends.

Join us! Write your own travel tips and travel diaries. Exchange your knowledge and experiences with others. You may contact us via email to become one of our guest writers.
For travelers by travelers. As we travel around, we have made some networking with lots of people in tourism industry. They give us special discounts on accommodation, car rentals, travel packages etc and we would like to share this with you. Please support this blog by making any purchases on travel deals on LagunaTrip.com

Google+
Twitter: iammariza
Travel Talks on Twitter

RT @BittyMasruroh Bittyajah.com adalah pengembangan dari sebuah blog pribadi gue... Web bikinan adik sendiri nih... Lets be a writer... @iamMariza